HUBUNGAN ANTARA KAIDAH HUKUM DENGAN KAIDAH SOSIAL

http://jualkambingsapi.com/wp-content/uploads/2015/09/Salaman.jpg

HUBUNGAN ANTARA KAIDAH HUKUM DENGAN KAIDAH SOSIAL



Kaidah hukum adalah peraturan yang dibuat atau yang dipositifkan secara resmi oleh penguasa masyarakat atau penguasa negara, mengikat setiap orang dan berlakunya dapat dipaksakan oleh Kaidah hukum ditujukan kepada sikap lahir manusia atau perbuatan nyata yang dilakukan manusia. 
Kaidah sosial adalah peraturan yang tidak di buat oleh penguasa negara tetapi berlaku dan di akui di dalam masyarakat. Kaidah sosial mempunyai pengaruh yang cukup signifikan di dalam masyarakat dan memiliki sanksi sosial. 

Kaidah hukum tidak mempersoalkan apakah sikap batin seseorang itu baik atau buruk, yang diperhatikannya adalah bagaimana perbuatan lahiriyah orang itu.Pengertian kaidah hukum ini juga banyak di definisikan oleh para ahli secara tidak langsung kaidah hukum itu meruapakan salah satu kaidah yang sangat meliputi masyarakat secara umum.

Dalam sistem hukum di Indonesia mengenal adanya pebedaan antara kaidah-­kaidah sosial yang tidak tertulis dan yang tetulis atau undang-undang namun tetap ada kesatuan, oleh karennya antara hukum dan kaidah sosial sifatnya saling mengisi artinya kaidah sosial mengatur kehiudpan manusia dalam masyarakat dalam hal-hal hukum tidak mengaturnya. Kaidah hukum dan sosial tidak hanya saling mengisi tetapi juga saling memperkuat. 

Kesimpulannya adalah bahwa kaidah hukum, agama, adat, kesusilaan dan sosial merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan artinya kaidah-kaidah tersebut akan selalu ada selama manusia masih menempatkan dirinya sebagai mahluk sosial (zoon politkon). Kesimpulan lain dari uraian diatas adalah sanksi yang diatur atau tidak diatur oleh undang-udang merupakan hal terpenting untuk dapat menata keteruban dalam masyarakat sosial dengan tujuan untuk mencapai suatu keadilan dan keteraturan dalam kehiduapan bermaysarakat.


no image
Item Reviewed: HUBUNGAN ANTARA KAIDAH HUKUM DENGAN KAIDAH SOSIAL 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!